Daftar Trial Bogor Junior

Daftar Trial Bogor Junior

Sering Remehkan Anak Bisa Buat Anak Minder? Ini Penyebab Anak Sering Tak Percaya Diri

0 13

Bogorjunior.com – Mungkin beberapa orang tua sering melihat dan merasa kesal jika anak minder di hadapan publik dan di saat-saat yang tidak seharusnya. Tetapi, jangan salahkan anak anda jika mereka memiliki sifat minder atau sering tidak percaya diri, karena hal ini seringkali disebabkan dari cara mengasuh dan pendidikan karakter anak yang kurang tepat.

Ciri anak minder biasanya yaitu memiliki sifat yang pendiam, tidak pernah membuka diri, dan lebih suka berada di lingkungan yang sepi atau jauh dari banyak orang. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai faktor yang menyebabkan anak sering minder yang harus dihindari. Yuk, kita simak.

  1. Anak Minder Karena Terlalu Sering Dilarang

Penyebab anak minder yang pertama adalah sering melarang anak jika anak ingin melakukan sesuatu, terutama jika itu adalah yang disukainya. Misalnya jika anak ingin bermain dengan teman-temannya di waktu senggang, tetapi orang tua melarang dan mengekang perbuatan yang akan dilakukannya tersebut. 

Tentu saja dia akan merasa sangat tertekan, hal ini juga bisa mendorong anak untuk memiliki sifat tidak percaya diri dengan teman-temannya. Selain itu ia jadi sulit untuk berbaur dengan orang lain terutama seusianya. 

2. Melampiaskan Emosi Pada Anak Buat Anak Minder

Sering memarahi anak atau melampiaskan emosi kepada anak juga bisa membuat anak minder, lho. Amarah yang dikeluarkan kepada sang anak dapat menurunkan kepercayaan diri anak. Seperti contohnya yaitu ketika orang tua sedang mengalami konflik dalam keluarga, lalu melampiaskannya pada anak. Itu adalah sikap yang kurang tepat.

Dengan melampiaskan emosi kepada anak, hati anak akan merasa tersakiti, apalagi anak yang masih kecil. Mereka memiliki perasaan yang seharusnya diberi sikap lembut. Jika anak sudah sering dimarahi sejak kecil, dampaknya akan terjadi saat sudah tumbuh besar. Sifat pendiam dan menutup diri akan terus menggeluti dirinya jika tidak segera diatasi.

3. Meremehkan dan Mengabaikan Anak

Apa anda sering tidak menggubris atau hanya sekedar merespon singkat ketika anak menunjukkan karya gambar kepada anda? Nah, ini adalah salah satu penyebab anak minder. Anak akan merasa bahwa dirinya kurang diapresiasi, dan merasa bahwa usahanya sia-sia.

Jika sikap seperti ini terus-menerus dilakukan kepada anak, mereka akan kehilangan percaya diri, tidak semangat, dan selalu merasa kurang dengan apa yang dilakukannya itu. Mungkin anda bisa memberinya banyak pujian dan memotivasinya agar kepercayaan dirinya meningkat.

Itu adalah beberapa faktor yang seringkali menyebabkan anak minder atau kekurangan percaya diri. Sifat seperti ini harus segera diatasi sedini mungkin karena dengan itu, bisa saja anak akan kesulitan dalam melakukan apapun di masa depan nanti, terutama saat ia sudah menginjak masa dewasa atau saat masuk dunia kerja. Yang mereka butuhkan adalah support system khususnya dari keluarga sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.