Daftar Trial Bogor Junior

Daftar Trial Bogor Junior

Berikut Tips Mengatasi Anak Susah Fokus yang Bisa Anda Coba

0 13

Bogorjunior.com – Fokus yang ada dalam diri anak berkaitan dengan tingkat konsentrasi berpikir anak saat mereka sedang melakukan sesuatu, contoh sederhananya seperti belajar. Terkadang ada banyak anak susah fokus disebabkan beberapa hal, seperti banyak hal lain yang dipikirkannya saat itu, contohnya yakni bermain, serial kartun, musik, dan lain-lain.

Pendidikan karakter anak juga dibutuhkan dalam meningkatkan konsentrasi anak. Sangat penting untuk menjaga tingkat fokus yang ada pada anak. Dengan memiliki fokus yang baik, tentu akan memudahkan anak dalam melakukan tugas atau beberapa tugas sekaligus. Anak yang tidak pernah bisa fokus memang mengkhawatirkan. Tetapi tenang, di bawah ini ada tips untuk mengatasi anak yang sulit fokus.

  1. Atasi Anak Susah Fokus dengan Menyingkirkan Gangguan

Gangguan yang dimaksud dalam poin ini adalah sesuatu yang sering membuat anak menjadi ter-distract seperti gadget, mainan, televisi, dan lain-lain. Orang tua pasti sangat tahu bahwa perhatian anak mudah sekali teralihkan jika ada sesuatu yang mereka sukai di sekitar mereka. Dan itu merupakan salah satu penyebab anak susah fokus.

Maka dari itu, mungkin anda sebagai orang tua bisa mengurangi atau menyingkirkan semua yang bisa mengalihkan perhatiannya pada saat anda menyuruhnya melakukan tugasnya, seperti belajar, atau melakukan pekerjaan rumah yang ringan dan sederhana untuknya.

2. Lakukan Aktivitas Berupa Fisik Dengan Anak

Sering-seringlah melakukan olahraga anak ataupun aktivitas fisik lainnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir pada anak. Olahraga ringan bisa membuatnya lebih sehat dan bugar, apalagi anak kecil sedang semangat-semangatnya dalam mengeluarkan energi. Jika ia sudah biasa berolahraga, maka kemampuan untuk konsentrasi akan meningkat seiring berjalannya waktu.

3. Mengelompokkan Jenis Tugas Untuknya

Saat menyuruhnya melakukan tugas sekolah misalnya, seringkali anak susah fokus belajar karena tidak adanya pembagian atau pengelompokkan tugas menjadi sesuatu yang sederhana. Sehingga ia berpikir bahwa ia harus mengerjakan banyak hal di waktu yang bersamaan, dan ia tak akan memiliki waktu yang cukup untuk itu. Cobalah untuk membagi pekerjaan besar ke kelompok kecil agar ia bisa lebih fokus.

4. Ubah Kebiasaan Anak Susah Fokus dengan Permainan Penuh Konsentrasi

Mungkin salah satu sebab anak susah fokus adalah bermain game. Tetapi pada poin keempat ini, anda sebagai orang tua tetap bisa memberinya waktu untuk bermain, tetapi permainan yang dimaksud adalah permainan yang meningkatkan fokus anak. Contohnya seperti permainan mencari barang, melawan musuh, dan lain sebagainya.

5. Memberi Anak Tugas Rutin 

Anda bisa mengatasi anak yang sulit fokus dengan memberinya tugas yang rutin dilakukan setiap hari padanya. Ini bisa berkaitan dengan aktivitas sehari-hari anak, contohnya seperti menyuruhnya mengelompokkan buku sekolah sesuai dengan ukurannya, menata baju sesuai warna, menggambar sesuatu sesuai dengan tema, dan masih banyak lagi.

Tips di atas dapat dengan mudah anda praktekkan jika anak susah fokus melakukan sesuatu. Jangan khawatir, masalah ini dapat diatasi dan dihilangkan dari diri sang anak jika anak sudah terbiasa dilatih tingkat konsentrasinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.