Daftar Trial Bogor Junior

Daftar Trial Bogor Junior

Ini Dia Tips-Tips Mendukung Perkembangan Anak dan Remaja

0 30

Bogorjunior.com – Masa kanak-kanak dan remaja merupakan masa yang memerlukan perhatian lebih dari Anda sebagai orang tua. Pada masa ini, anak-anak dan remaja menyimpan dan memproses informasi baru dengan cepat dan fleksibel.

Karena itu, Anda harus bijak dalam membimbing anak sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah tanpa menghambat eksplorasi kreativitas mereka. Lantas apa saja tips mendukung perkembangan anak dan remaja? Simak tips-tips berikut ini:

Tips Mendukung Perkembangan Anak dan Remaja

  • Dapatkan kepercayaan anak

Banyak orang tua masih sering menganggap bahwa masalah anak adalah masalah mereka juga bahkan hingga anak menginjak masa remaja. Padahal pada masa remaja, anak mulai memperhatikan konsep privasi seperti kamar tidur dan telepon genggam. Anda sebaiknya tidak terlalu mencampuri urusan anak yang menyinggung privasi mereka karena akan menimbulkan ketidakpercayaan anak.

  • Berikan perhatian dan dukungan

Perkembangan anak pada masa remaja tidak seharusnya dibiarkan begitu saja. Para remaja memiliki berbagai jenis gejolak dalam diri mereka mulai dari masalah pergaulan hingga pubertas. Anda sebagai orang tua sebaiknya menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Mendengarkan apa yang mereka alami dan rasakan dan sesekali memberikan saran dan arahan dapat menjadi jembatan yang mempererat hubungan keluarga sekaligus mencegah anak jatuh dalam lingkungan pergaulan yang salah.

  • Berikan kesibukan dan kebiasaan yang sehat

Kesibukan dapat mencegah anak masuk ke dalam lingkungan pergaulan yang salah. Melalui kesibukan, anak juga dapat memfokuskan perhatian mereka dan menaklukan tantangan yang mampu meningkatkan kemampuan dan daya tumbuh kembang anak. Kesibukan ini juga dapat memperluas pandangan mereka dan memberi pengalaman yang berharga.

Anda sebaiknya mendorong anak untuk terlibat dalam bermacam-macam hobi, kegiatan atau bentuk kesibukan lainnya. Hal ini bisa membantu anak menemukan minat dan hobi yang sesuai sehingga mendorong perkembangan anak dan remaja.

Selain kesibukan, kebiasaan yang baik juga sama pentingnya ditanamkan pada anak sejak dini. Meski kesibukan dapat mengalihkan perhatian anak dari hal-hal negatif, kesibukan berlebihan juga tak baik baik kesehatan dan perkembangan anak dan penting bagi pendidikan karakter anak. Misalnya stress yang menumpuk dapat menyebabkan turunnya motivasi dan produktivitas anak. Karena itu, penting membangun kebiasaan yang bisa mencegah anak terbebani sekaligus menyalurkan rasa penat mereka seperti berolahraga, pola tidur yang baik dan pola makan yang seimbang.

Itulah beberapa tips yang mendukung perkembangan anak dan remaja. Semoga dengan tips-tips tadi dapat membantu Anda sebagai orang tua memahami posisi anak dan betapa pentingnya mendukung dan mengarahkan anak pada masa remaja yang labil. Tentunya Anda sebagai orang tua tidak mau anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang buruk dan terhambat perkembangannya hanya karena kurangnya komunikasi dan pemahaman antara Anda dan anak. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.