Daftar Trial Bogor Junior

Daftar Trial Bogor Junior

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Anak? Simak Penjelasannya hanya untuk Anda

0 37

Bogorjunior.com – Kesehatan tubuh menjadi sesuatu yang perlu dijaga dengan baik, sebagai orang tua, Anda harus bisa mengajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan anak sejak dini. Anda bisa mengajarkan perilaku hidup sehat baik di rumah atau di sekolah agar anak sudah biasa menjaga kesehatannya mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Menjaga Kesehatan Anak

Orang tua tentunya ingin melihat anak selalu ceria dan bisa beraktivitas dengan baik tanpa harus terganggu karena sakit, untuk itu, Anda perlu menanamkan beberapa nilai pendidikan karakter anak melalui perilaku hidup sehat setiap hari, sehingga anak memiliki kesadaran tentang kesehatan diri. Beberapa perilaku hidup sehat yang bisa diajarkan kepada anak diantaranya adalah,

1. Mandi paling tidak dua kali sehari

Salah satu cara yang perlu Anda ajarkan kepada anak agar menjaga tubuhnya tetap bersih dan juga segar adalah dengan mandi minimal dua kali dalam sehari, yakni pada pagi hari setelah bangun tidur dan pada sore hari setelah melakukan aktivitas, entah itu sekolah, les, atau bermain.

2. Memakai pakaian yang bersih

Tentunya tidak hanya mandi saja, Anda juga perlu membiasakan anak untuk mengenakan pakaian yang bersih, pakaian yang bersih dan juga rapih ini menunjukan kepribadian serta kebudayaan bangsa, selain itu, pakaian bersih juga menghindarkan anak dari berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

3. Cuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan menjadi kebiasaan baik yang perlu orang tua ajarkan kepada anak, hal ini dilakukan agar anak terhindar dari berbagai kuman penyebab penyakit. Jadi, sebelum makan pastikan anak untuk mencuci tangannya mulai dari pergelangan tangan, telapak tangan, kemudian ke ujung jari menggunakan sabun dan air mengalir yang bersih.

4. Sarapan setiap hari

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, Anda perlu memastikan bahwa anak sarapan dengan baik, hal ini dilakukan karena tubuh memerlukan energi yang cukup agar bisa bergerak dan menjalankan aktivitas apapun dalam sehari. Jadi, Anda sebagai orang tua perlu memastikan setiap makanan yang dikonsumsi anak memiliki nilai gizi yang seimbang dan tentunya bersih.

Selain kesehatan tubuh, orang tua juga perlu untuk selalu menjaga kesehatan mental anak yang berkaitan dengan respon dan tanggapan yang anak dapatkan dari lingkungan sekitar. Kesehatan mental merupakan salah satu faktor yang juga menentukan karakter anak, seperti produktivitas, ketertarikan, dan bagaimana anak memandang dirinya sendiri.

Untuk itu, orang tua perlu menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan mental anak, seperti contohnya adalah,

  • Lingkungan yang suportif, dimana anak bisa mendapatkan dukungan atas pikiran dan perasaan anak, sehingga anak bisa lebih maksimal dalam mengembangkan potensi dan skill yang dimilikinya.
  • Bersikap terbuka terkait harapan dan juga ekspektasi anak
  • Menerapkan konsep disiplin berimbang, yakni kewajiban yang sejalan mengenai respon dan apresiasi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak, tidak hanya kesehatan tubuh saja, tetapi juga kesehatan mental anak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.