Daftar Trial Bogor Junior

Daftar Trial Bogor Junior

Orang Tua Harus Tahu! Inilah 5 Olahraga Anak yang Seru dan Menyenangkan

0 34

Bogorjunior.com – Melakukan aktivitas bersama anak menjadi salah satu hal yang menyenangkan, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, termasuk melakukan olahraga anak yang ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya, tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi bisa dijadikan sebagai strategi dalam penanaman pendidikan karakter anak, apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan?.

Jenis Olahraga Anak

Tentunya sebagai orang tua Anda juga ingin melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik, tidak hanya dengan memberikan anak makanan dengan gizi seimbang, tetapi juga mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik setiap harinya untuk menjaga kebugaran tubuh.

Melalui olahraga, anak juga bisa sekaligus belajar tentang keadilan, kejujuran, pantang menyerah, semangat sportivitas, kepedulian, disiplin, dan membangun kemandirian agar anak memiliki karakter tangguh. Agar nilai-nilai karakter tersebut bisa diajarkan kepada anak dengan baik, Anda bisa mengajak anak untuk melakukan beberapa olahraga berikut ini,

1. Bersepeda

Aktivitas menyenangkan bersama anak yang pertama adalah bersepeda bersama, Anda bisa mengajak anak untuk bersepeda berkeliling komplek rumah. Apalagi untuk anak yang belum mahir mengendarai sepeda, Anda bisa mulai mengajarkannya dari sepeda roda tiga, lalu coba untuk meningkatkan level kesulitan dengan sepeda roda dua yang memiliki roda pengaman, kemudian di lain waktu coba untuk melepas roda pengaman tersebut.

Dengan cara seperti itu memang ada kemungkinan anak akan terjatuh, dan sebagai orang tua Anda harus bisa memotivasi anak untuk bangun dan mencobanya lagi hingga anak mahir bersepeda. Tentunya dengan cara ini, Anda bisa mengajarkan anak agar memiliki karakter yang peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya, pantang menyerah, merasakan kebebasan, dan memperkuat ikatan keluarga.

2. Renang

Tentunya anak-anak sangat senang bermain air, makanya Anda bisa mengajak anak untuk berenang sembari dijelaskan tentang keamanan di air atau water safety, sehingga anak bisa bermain air dengan nyaman dan tetap memperhatikan keamanannya.

3. Gimnastik

Anda juga bisa mengajak anak melakukan olahraga gimnastik, tidak hanya untuk anak perempuan saja, anak laki-laki juga perlu diajak untuk melakukan olahraga yang satu ini, keuntungan fisik yang didapatkan diantaranya memperkuat otot inti, kebugaran kardiovaskular, dan lainnya.

4. Sepak bola

Menjadi salah satu olahraga yang cukup populer, Anda bisa mengajak anak untuk bermain sepak bola dengan teman-temannya, baik teman sekolah ataupun teman yang ada di sekitar rumah, atau jika anak berminat untuk menekuni sepak bola, Anda juga bisa memasukan anak ke Sekolah Sepak bola (SSB). Dengan bermain sepak bola, anak akan terbiasa bekerjasama dengan temannya, disiplin, dan bersikap adil.

5. Lari

Olahraga yang satu ini tentunya sudah sering anak lakukan setiap harinya, anak-anak memang sangat senang berlari kemana saja, Anda bisa memanfaatkan kesenangan anak ini dengan mengajaknya berlari setiap pagi atau sore di sekitaran rumah, sehingga anak lebih mengenal lingkungan rumahnya,

Itulah beberapa jenis olahraga anak yang bisa Anda ajarkan untuk melatih kesehatan tubuh sekaligus menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.