Daftar Trial Bogor Junior

Daftar Trial Bogor Junior

Cara Jitu Orang Tua Mengajari Anak Main Bola

0 15

Bogorjunior.com – Mengajari anak main bola merupakan suatu hal positif yang memiliki banyak bermanfaat. Selain untuk menjaga Kesehatan anak, mengajari anak untuk bermain bola juga bisa menjadikan anak lebih interaktif serta mudah bergaul dengan teman sebayanya. Bermain dengan bola bisa  juga meningkatkan keterampilan motorik anak, koordinasi mata, koordinasi tangan, serta melatih anak tentang manajemen waktu, yang merupakan bagian terpenting dari perkembangan kepribadian serta menjadi media Pendidikan karakter seorang anak.

Banyak olahraga dengan bola seperti basket, voli, lempar tangkap bola, sepakbola dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini manfaat bermain dengan media bola untuk si anak.

Manfaat Anak Main Bola Sejak Dini

  1. Melatih Keseimbangan Tubuh

Dengan mengajari anak bermain bola si anak akan tertarik pada benda-benda yang berada serta bergulir, seperti halnya bola. Menggulirkan bola akan melibatkan otot-otot serta koordinasi tubuh si anak, sehingga si anak akan belajar untuk menyeimbangkan posisi dari tubuhnya. Dengan permainan bola akan membuat si anak merasa mengendalikan sesuatu selain yang berasal dari gerakannya sendiri, sehingga hal ini bisa membantu melatih keseimbangan serta memungkinkan si anak untuk berlatih mentransfer objek dari satu tangan ke tangan yang satunya.

2. Mengembangkan Koordinasi dari Tangan-Mata serta Keterampilan Pengaturan Waktu

Dengan permainan bola seperti basket atau sepakbola si anak akan terlatih dalam pengaturan waktu. Ini terjadi karena, pada saat anak menggiring bola dalam permainan basket atau sepakbola, sang anak akan menyadari bahwa mereka perlu memahami tentang waktu. Misalnya kapan ketukan atau saat yang tepat sebelum mereka melemparkan atau memasukan bola ke dalam gawang atau ring basket. Selain itu juga pada saat menangkap bola, si anak akan terlatih dalam mengatur waktu yang tepat sebelum menangkap bola.

3. Mengajarkan Anak Bermain Bola Dapat Membantu Mengembangkan Fungsi Kognitif Anak

Dengan mengajarkan anak bermain bola, bisa membantu mengembangkan fungsi kognitif dari si anak. Ini terjadi karena, permainan bola akan mengajarkan si anak untuk mengantisipasi gerakan bola, arah datangnya bola, dan juga kecepatan pergerakan bola. Melatih fungsi kognitif sejak dini pada anak dapat membantu meningkatkan ingatan serta keterampilan kognitif si anak, sehingga si anak akan lebih mudah memahami ilmu atau pelajaran di belajar di sekolah.

Dengan mengajarkan olahraga sejak dini kepada anak, serta olahraga lain yang berhubungan dengan bola akan membawa dampak yang sangat positif terhadap perkembangan anak. Mulai dari kepribadian anak, kepercayaan diri anak dan sebagainya. Untuk itu dengan mengajarkan anak main bola perlu diterapkan oleh para orang tua jika ingin anaknya berkembang menjadi anak yang sehat dan memiliki kepribadian yang baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.